Langsung ke konten utama

Tanah Lot Bali, Pantai dengan Pura Pinggir Laut yang Indah

Nuansa eksotis di tanah lot


Jika membahas obyek wisata di bali, memang tak pernah ada habisnya. Kali ini saya akan mengajak anda berjalan-jalan ke Tanah lot Bali. Kawasan wisata di Bali ini, sangat ramai dikunjungi para wisatawan, khususnya pada saat sore hari. Karena pemandangan pantai yang indah dengan matahari terbenamnya dapat di nikmati dengan jelas pada pukul 6 sore hari.

Wisata Tanah Lot Bali

Dua buah pura

Yang unik dari kawasan ini adalah ada adanya dua buah pura yang terletak di atas sebuah batu besar dan yang satu terletak pada bongkahan batu dan satunya lagi terletak di atas tebing yang tinggi. Menurut legenda warga setempat, pura ini dibangun oleh seorang brahma yang mengembara dari pulau jawa. Dia bernama Danghyang Nirartha yang telah berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali pada ajaran agama hindu.Kemudian dia membangun Sad Kahyangan tersebut. Tak heran jika pulau ini di juluki pulau Dewata karena keindahan dan kekayaan alamya.

Pura ini di bangun pada abad ke-16 pada zaman pemerintahan Bendesa Beraben. Dikisahkan karena Bendesa Beraben iri kepada Danghyang Nirartha karena banyak rakyatnya yang mengikuti ajaran sang brahma, dia mengusir sang brahma. Sang brahma menyanggupi hal tersebut untuk meninggalkan Tanah Lot. Tapi sebelum belia meninggalkan Tanah Lot, beliau dengan kekuatannya memindahkan sebongkah Batu besar ke tengah pantai dan kemudian membangun sebuah pura di sana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi seekor ular penjaga pura.

Tanah lot

Konon, Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk dalam jenis ular laut yang memiliki ciri-ciri ekor yang pipih seperti ikan, warna hitam dengan belang kuning dan memiliki racun yang sangat kuat bahkan 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir sebuah dari legenda itu menyebutkan, bahwa sang Bendesa Beraben ‘akhirnya’ ikut menjadi pengikut Danghyang Nirartha. Nah. itulah sejarah singkatnya menurut legenda.

Kawasan wisata ini terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri tepatnya di Kabupaten Tabanan, kurang lebih sekitar 13 km barat Tabanan. Jika anda dari Bandar udara Ngurah Rai, jarak ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Tentu saja jika tidak terjadi kemacetan. Pada sebelah utara Pura Tanah Lot terdapat juga sebuah Pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke arah laut.

Nuansa Religi Pura Tanah Lot Bali

Nuansa religi hindu yang kental

Tebing ini menghubungkan antara Pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Obyek wisata Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk dapat menikmati matahari terbenam (sunset), banyak turis-turis yang biasanya ramai pada waktu sore hari untuk dapat melihat keindahan sunset di sini.

Fasilitas yang ada di kawasan ini pun sudah cukup lengkap, anda dapat menemui deretan penginapan di sepanjang jalan menuju tempat wisata ini. Banyak terdapat. penginapan sederhana hingga villa dan hotel berbintang yang dapat anda jadikan pilihan. Dengan keindahan alam dan pemandangan pantainya yang eksotis, wisata Tanah Lot ini patut untuk anda kunjungi.
Indahnya tanah lot

Belum lagi ke unikan bangunan pura yang berada di atas batu besar dan satunya berada di atas sebuah tebing, menjadi daya tarik yang tak akan anda temui di obyek wisata manapun. Jadi, apakah alasan ini sudah cukup  untuk bisa membuat anda berkunjung ke sini.
Selamat liburan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tarombo Simon Sitompul Lumban Toruan

Tarombo di atas berdasarkan versi keluarga kami, mungkin versi lain bisa berbeda, baik jumlah keturunan, penulisan gelar, penulisan nama, dll. Tags: Tarombo Sitompul, Tarombo Sitompul Lumban Toruan, Lumban Dolok, Siringkiron dan Sibangebange.

Wisata Diving Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu bukan hanya sebagai wisata pantai semata, banyak wahana lain yang dapat menjadi pilihan bagi anda yang berlibur ke pantai Pelabuhan Ratu. Cukup banyak wahana wisata yang terdapat di pantai Pelabuha Ratu ini seperti Diving di Pelabuhan Ratu, surfing, rafting di sungai Citarik dan juga Citatih, pemandian air panas, dan masih banyak area pantai di sekitar Pelabuhan Ratu. Bagi yang suka menyelam, Pelabuhan Ratu dapat menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba. Tidak seperti wahana diving di pantai lain yang hanya menyuguhkan terumbu karang yang indah, Pelabuhan Ratu menyajikan pemandangan dinding bawah laut. Area diving yang ada yaitu berada di Sodong Parat, Karang Antuk dan juga di Batu Kuok. Tumbuhan dan ikan yang ada di lokasi ini juga cukup beragam, ada yang mengatakan salah satu tumbuhan di bawah laut Pelabuhan Ratu merupakan tumbuhan yang tidak di temukan di wahana diving lainnya seperti Raja Ampat dan Bali. Ketiga tempat wisata diving di Pelabuhan Ratu me

Pasar Seni di Bali yang Paling Populer Saat Ini

Pasar seni di Bali memanglah mempunyai ciri khas tersendiri. Setiap daerah di Indonesia memiliki pasar tradisional dengan kekhasan dagangan masing-masing. Jika  berkunjung ke pulau Bali, selain terdapat pasar tradisional di sana juga terdapat pasar seni yang menjual berbagai kebutuhan maupun barang seni khas Bali. Pasar seni ini merupakan pasar yang menjual berbagai produk atau kerajinan khas Bali yang menjadi daya tarik tersendiri bagi sang wisatawan dari luar daerah maupun mancanegara. Di daerah Bali terdapat beberapa pasar seni yang paling populer saat ini dan menjadi tujuan utama bagi para wisatawan untuk membeli oleh - oleh khas Bali. Mulai dari baju, suvenir maupun kerajinan khas Bali yang lainya. Di sini juga terdapat berbagai macam kuliner khas Bali seperti kacang asin Bali maupun brem Bali, dapat Anda dapatkan di pasar seni. Pilihan lain yaitu bermacam lukisan serta patung. Dapat pula membeli produk kecantikan seperti lulur Bali atau aromaterapi. Berikut adalah 6 Pasar S