Skip to main content

Berwisata di Jakarta Menjelajahi Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah yang disingkat dengan TMII merupakan salah satu taman rekreasi terbesar di Indonesia. Tempat wisata ini dibangun di atas tanah seluas 150 hektar. TMII yang berada di Jakarta Timur ini merupakan sebuah taman rekreasi yang isinya menggambarkan kebudayaan nusantara. Di tempat wisata ini, Anda bisa menjumpai sebuah danau dengan miniatur dari pulau-pulau yang ada di Indonesia yang berada di Sabang sampai dengan Merauke. Tidak hanya itu saja, masih banyak kebudayaan khas dari setiap provinsi di Indonesia yang dipamerkan di TMII. Misalkan pakaian adat, tarian daerah, rumah ibadah pada setiap agama resmi yang ada di Indonesia, berbagai museum, dan masih banyak yang lain lagi.

Taman mini indonesia indah

Rencana pembangunan TMII berawal dari pertemuan pada tanggal 13 Maret 1970 tepatnya di rumah Soeharto, mantan presiden Indonesia, yang beralamat di Jalan Cendana Nomor 8, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Siti Hartinah yang lebih dikenal dengan panggilan Ibu Tien, istri mantan Presiden Soeharto memberi usul untuk dibangunnya sebuah tempat yang memuat seluruh wisata budaya. Tujuannya untuk membangkitkan kebanggaan rakyat Negara Indonesia kepada budaya nusantara.

Setelah itu, dimulailah proyek miniatur Indonesia Indah di bawah Yayasan Harapan Indah. Pembangunan dimulai pada tahun 1972 dan TMII resmi dibuka pada tanggal 20 April 1975 . Pada tahun 1991 , maskot untuk tempat wisata ini dibuat yang berupa tokoh wayang Hanoman dan diberi nama NITRA (Anjani Putra).

Apa saja yang ada di Taman Mini Indonesia Indah?

Taman Mini Indonesia Indah bisa memuaskan diri Anda untuk melihat kebudayaan setiap provinsi di Indonesia hanya dalam satu tempat. TMII menawarkan wahana-wahana menarik, diantaranya yaitu:

Anjungan Daerah

Anjungan Daerah menampilkan kebudayaan dari 34 provinsi yang berada di wilayah Indonesia. Tiap-tiap provinsi mempunyai anjungan yang menyuguhkan bangunan atau rumah adat, pakaian tradisional, senjata khas, busana pernikahan, sampai dengan alat-alat rumah tangga yang biasanya digunakan sehari-hari oleh mereka. Tak hanya itu, pada setiap anjungan juga disediakan panggung untuk menampilkan pertunjukan tarian tradisional, upacara adat, dan termasuk pertunjukan musik khas daerah masing-masing. Biasanya pertunjukan budaya diadakan pada hari Minggu, dimana jumlah pengunjung lebih banyak yang datang dibandingkan hari biasa.

Pada beberapa anjungan juga dilengkapi dengan kafetaria yang menawarkan makanan khas masing-masing daerah. Selain itu, ada juga toko khusus yang menjual berbagai macam souvenir, berupa kerajinan tangan di setiap daerah,  aksesoris dan juga pakaian adat khas daerah.

Bangunan Keagamaan

TMII memiliki bangunan rumah ibadah setiap agama resmi di Indonesia dan sampai kini masih aktif digunakan, diantaranya yaitu:
1. Gereja Katolik Santa Catharina
2. Masjid Pangeran Diponegoro
3. Gereja Protestan Haleluya
4. Vihara Arya Dwipa Arama
5. Pura Panataran Agung Kertabumi
6. Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa
7. Kuil Konghucu Kong Miao

Istana Anak-anak Indonesia

Wahana di TMII ini merupakan wahana favorit bagi pengunjung anak-anak. Di wahana ini, anak-anak bisa menyimak cerita rakyat dari Indonesia dan termasuk juga dongeng-dongeng dunia.

Snow Bay

Snow Bay merupakan kolam renang dan wahana permainan air yang disediakan TMII.

Kereta gantung

Kereta gantung yang ada di TMII ini dimanfaatkan sebagai transportasi. Anda yang naik kereta gantung ini bisa dengan leluasa melihat kawasan TMII dari atas. Anda hanya dikenakan biaya 30.000 Rupiah per orang.

Perahu angsa

Perahu angsa dijadikan sebagai transportasi untuk berkeliling danau dan menjelajahi miniatur pulau-pulau di TMII. Anda hanya dikenakan biaya 7.500 Rupiah per orang.

Pusat Peragaan IPTEK

Di tempat yang satu ini, Anda dapat melihat beragam karya IPTEK dan termasuk juga bisa melakukan percobaan ringan. Harga tiket masuknya hanya 17.000 Rupiah per orang.

Taman

Taman Mini Indonesia Indah memiliki banyak taman yang berisi koleksi flora dan fauna Indonesia yang tentunya beragam. Taman-taman yang ada di TMII tersebut, diantaranya yaitu:
1. Akuarium Ikan Air Tawar
2. Taman Anggrek
3. Taman Burung
4. Taman Apotek Hidup
5. Taman Bekisar
6. Taman Kaktus
7. Taman bunga Keong Mas
8. Taman Melati

Museum 

Taman Mini Indonesia memiliki banyak museum yang bisa dikunjungi, diantaranya yaitu:

1. Museum Transportasi
Museum Transportasi memiliki beragam koleksi jenis transportasi di Indonesia dan dunia.

2. Museum Indonesia
Bangunan museum Indonesia berupa gedung tiga lantai yang dindingnya dihiasi pahatan cerita Ramayana. Di museum ini, Anda bisa melihat beragam gambaran budaya Indonesia, mulai dari transportasi setiap daerah dari masa ke masa dan adat istiadat daerah yang ada di Indonesia.

3. Museum Keprajuritan
Di museum Keprajuritan, Anda bisa melihat bagaimana kerasya perjuangan yang dilakukan rakyat Indonesia di dalam memperoleh kemerdekaan negara. Bangunan dari museum ini dikelilingi oleh kolam yang menggambarkan pertahanan Indonesia yang mengandalkan kekuatan dalam luasnya perairan negara ini.

4. Museum Pusaka
Museum di TMII ini mengoleksi pusaka atau senjata dari berbagai daerah di Indonesia. Di museum ini, Anda bisa juga melihat kegiatan perawatan pusaka.

5. Museum Perangko 
Di museum yang satu ini, Anda bisa melihat perkembangan perangko di Indonesia dan termasuk juga alat cetaknya dari masa ke masa.

6. Museum Listrik dan Energi Baru 
Di museum yang satu ini, Anda bisa melihat bagaimana pentingnya menghemat energi listrik dan diarahkan supaya menggunakan listrik hanya seperlunya saja untuk mencegah terjadinya pemanasan global.

7. Museum Minyak dan Gas Bumi 
Bangunan museum Minyak dan Gas Bumi berbentuk anjungan leps pantai. Di museum ini, Anda bisa melihat video pengolahan minyak dan gas bumi, serta termasuk juga koleksi peralatan pertambangan.

8. Museum Telekomunikasi
Bangunan museum Telekomunikasi memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu kubahnya berwarna biru dan ada juga patung Gajah Mada ketika sedang mengucapkan Sumpah Palapa. Patung Gajah Mada ini digunakan karena satelit telekomunikasi miliki Indonesia di beri nama Palapa, sama dengan sumpah yang pernah diucapkan oleh Gajah Mada.

9. Museum Asmat 
Seperti namanya, museum ini menyuguhkan koleksi hasil kerajinan dan karya seni dari suku Asmat yang menghuni Papua.

10. Museum Komodo
Bangunan museum yang satu ini menyerupai binatang komodo. Di dalam museum ini, Anda bisa melihat banyak peragaan fauna di Indonesia dan termasuk juga berbagai informasi tentangnya.

11. Museum Olahraga
Museum Olahraga memiliki bangunan unik berbentuk bola. Di dalam museum ini, Anda bisa memperoleh banyak informasi mengenai pentingnya olahraga bagi kesehatan jasmani maupun rohani setiap orang.

12. Museum Serangga
Di museum yang satu ini, Anda bisa melihat kurang lebih 250.000 jenis serangga. Hal yang menarik dari museum Serangga ini adalah koleksi kupu-kupunya yang berwarna-warni.

Teater 

Teater imax keong mas

Taman Mini Ineonesia Indah menyediakan beberapa teater, diantaranya yaitu:

1. Teater IMAX Keong Mas
Teater IMAX Keong Mas memiliki layar yang ukurannya lebih besar dari layar-layar di kebanyakan teater pada umumnya. Film-film yang diputar di sini juga berhubungan dengan lingkungan dan kebudayaan Indonesia. Selain itu, ada juga pemutaran film-film box office.

2. Teater Tanah Airku
Teater Tanah Airku merupakan teater pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan panggung untuk keperluan menggelar pertunjukan seni. Teater ini juga telah didukung teknologi modern pada pencahayaan, pengeras suara, dan termasuk peralatan panggung lainnya.

3. Teater 4D
Teater 4D atau 4 dimensi akan membuat pengalaman menonton menjadi lebih menyenangkan dan tidak terlupakan, karena suguhan efek 4 dimensi yang ditimbulkannya selama film diputar.

Hal Yang Menarik di TMII

Anda masih ingin mencari hal menarik yang lain di Taman Mini Indonesia Indah? Beberapa hal menarik lainnya yang ada di TMII, diantaranya:

1. Pusat Informasi Budaya dan Wisata
Pusat Informasi Budaya dan Wisata (PIBW) merupakan sebuah tempat terpadu untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan budaya dan wisata Indonesia di TMII. Di dalam PIBW ini, Anda akan menjumpai teater mini, perpustakaan, dan ruang baca yang mengoleksi lebih dari 40.000 buku dan 7.000 judul buku audio visual.

2. Paket wisata keliling TMII juga tersedia di PIBW
Paket ini tentu saja akan lebih menghemat waktu dan uang Anda. Beberapa pilihan paket wisata yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tidak hanya itu saja, diskon juga diberikan untuk peserta yang mendaftar secara rombongan.

Wisata kuliner di TMII

Setelah lama berkeliling, tentunya Anda membutuhkan istirahat dan perut perlu diisi. Di Taman Mini Indonesia Indah ini, Anda bisa menjumpai beberapa tempat makan yang dapat sekaligus dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak, diantaranya yaitu:

1. Kafetaria di Anjungan Daerah
Beberapa Anjungan Daerah di TMII menyediakan kafetaria yang menawarkan kuliner khas daerah masing-masing. Anda bisa mampir untuk beristirahat sekaligus mencicipi keragaman kuliner nusantara.

2. Puri Caping Gunung Rest and Convention

Puri Caping Gunung Rest and Convention berada di depan Anjungan Nusa Tenggara. Restoran ini memiliki ciri khas dari bentuknya yang menyerupai caping atau topi petani, sehingga mudah dikenali meskipun dari kejauhan. Tempat makan yang satu ini menyajikan beragam menu, mulai dari kuliner khas Indonesia sampai menu internasional.

3. Pasar Tiban

Pasar Tiban artinya pasar murah. Berbagai kios penjual makanan dengan harga yang terjangkau ada di pasar ini. Anda bisa menemukan beragam kuliner khas nusantara, seperti gudeg, pecel lele, tahu campur, bajigur, siomay, dan masih banyak yang lainnya.

Akomodasi di TMII

Jika Anda memilih untuk bermalam, kawasan TMII menawarkan beberapa pilihan penginapan, diantara yaitu:

1. Desa Wisata
Desa Wisata merupakan salah satu penginapan yang ada di lokasi TMII. Suasana khas pedesaan yang asri dan sejuk menjadi suguhan utama penginapan ini. Selain kamar, fasilitas pendukung yang tersedia beragam, seperti jogging track, panggung terbuka, restoran, dan termasuk juga lapangan bola voli.

2. Graha Wisata Remaja
Graha Wisata Remaja termasuk penginapan yang ada di lokasi TMII. Penginapan yang terdiri dari tiga lantai ini memiliki 44 kamar tersedia. Harga yang ditawarkan relatif lebih terjangkau dan mendapatkan fasilitas pendukung seperti ruang olahraga tenis meja. Lokasi penginapan ini terbilang strategis, karena berada dekat dengan water park, stasiun kereta gantung, dan juga beberapa museum di TMII.


Comments

Popular posts from this blog

Wisata Diving Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu bukan hanya sebagai wisata pantai semata, banyak wahana lain yang dapat menjadi pilihan bagi anda yang berlibur ke pantai Pelabuhan Ratu. Cukup banyak wahana wisata yang terdapat di pantai Pelabuha Ratu ini seperti Diving di Pelabuhan Ratu, surfing, rafting di sungai Citarik dan juga Citatih, pemandian air panas, dan masih banyak area pantai di sekitar Pelabuhan Ratu.


Bagi yang suka menyelam, Pelabuhan Ratu dapat menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba. Tidak seperti wahana diving di pantai lain yang hanya menyuguhkan terumbu karang yang indah, Pelabuhan Ratu menyajikan pemandangan dinding bawah laut. Area diving yang ada yaitu berada di Sodong Parat, Karang Antuk dan juga di Batu Kuok.

Tumbuhan dan ikan yang ada di lokasi ini juga cukup beragam, ada yang mengatakan salah satu tumbuhan di bawah laut Pelabuhan Ratu merupakan tumbuhan yang tidak di temukan di wahana diving lainnya seperti Raja Ampat dan Bali. Ketiga tempat wisata diving di Pelabuhan Ratu memang l…

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Populer

Kota Bogor merupakan salah satu kota yang berlokasi  paling dekat dengan Wilayah Jakarta. Dengan jarak  kurang lebih 50 KM dari Jakarta, Bogor kerapkali menjadi pilihan wisata di akhir pekan oleh masyarakat Jakarta maupun sekitarnya. Lalu tempat wisata di Bogor yang harus dikunjungi itu di mana saja ?

Berikut merupakan tempat wisata di Bogor yang paling populer saat ini dan menjadi pilihan utam oleh masyarakat Bogor dan Jakarta pada saat liburan di akhir pekan:

1. The Jungle Water Park



The Jungle Water Park berlokasi di dalam suatu perumahan bernama Bogor Nirwana Residence. The Jungle Water Park adalah suatu wahana wisata air yang komplit serta mengasyikkan, terlebih apabila anda yaitu keluarga yang memiliki anak kecil. Terkecuali wahana permainan air, The Jungle Water Park juga memiliki sarana sinema 4D, taman burung, serta akuarium raksasa. Harga tiket The Jungle Water Park yaitu 80, 000 Rupiah per orang.

2. Marcopolo Water Adventure


Marcopolo Water Adventure berlokasi di perumahan Buki…

Pasar Seni di Bali yang Paling Populer Saat Ini

Pasar seni di Bali memanglah mempunyai ciri khas tersendiri. Setiap daerah di Indonesia memiliki pasar tradisional dengan kekhasan dagangan masing-masing. Jika  berkunjung ke pulau Bali, selain terdapat pasar tradisional di sana juga terdapat pasar seni yang menjual berbagai kebutuhan maupun barang seni khas Bali.

Pasar seni ini merupakan pasar yang menjual berbagai produk atau kerajinan khas Bali yang menjadi daya tarik tersendiri bagi sang wisatawan dari luar daerah maupun mancanegara.

Di daerah Bali terdapat beberapa pasar seni yang paling populer saat ini dan menjadi tujuan utama bagi para wisatawan untuk membeli oleh - oleh khas Bali. Mulai dari baju, suvenir maupun kerajinan khas Bali yang lainya. Di sini juga terdapat berbagai macam kuliner khas Bali seperti kacang asin Bali maupun brem Bali, dapat Anda dapatkan di pasar seni. Pilihan lain yaitu bermacam lukisan serta patung. Dapat pula membeli produk kecantikan seperti lulur Bali atau aromaterapi.
Berikut adalah 6 Pasar Seni d…